ACARA CFD, KEMENKES KAMPANYEKAN GERMAS

Tanggal : 14-Nov-2017 | Dilihat : 60 kali

JAKARTA – Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 dipusatkan di arena Car Free Day, sekitar jalan M. Thamrin dan jalan Sudirman. CFD ini juga serentak dilaksanakan seluruh Provinsi di Indonesia yang di pusatkan di masing-masing ibukota Provinsi, dengan membawa semangat mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) sebagai perwujudan tindak lanjut pelaksanaan Inpres nomor 1 tahun 2017 tentang GERMAS.

Perlu diketahui, GERMAS merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian. Untuk itulah tema HKN tahun ini, Sehat Keluargaku Sehat Indonesia.

GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) melakukan aktivitas fisik 30 menit perhari, 2) mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) memeriksakan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit.

Oleh karena itu, CFD HKN 2017 juga menampilkan kegiatan-kegiatan tersebut. Diantaranya, aktivitas fisik melalui senam sehat dilanjutkan dengan senam peregangan yang diikuti 120 ribu orang. Selain itu juga menampilkan bazzar buah, sayur, ikan dan melaksanakan pemeriksaan deteksi dini faktor risiko penyakit melalui pengukuran tekanan darah, pemeriksaan gula darah dan pemeriksaan kolesterol darah bagi masyarakat secara gratis. Serta dimeriahkan karnaval jalan sehat yang diikuti 23 Tim dari Kementerian dan Lembaga.

Selanjutnya juga, Menteri Kesehatan RI bersama Wapres RI melakukan video conference dengan 6 Provinsi seperti Bali, Jawa Timur, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Kalimantan Selatan yang memberikan laporan kegiatan HKN di wilayah masing-masing.

Acara dilanjutkan dengan Menteri Kesehatan RI menerima peserta sepeda Tour Sabang – Jakarta yang menempuh 3.000 kilometer, ditambah dengan adanya panggung hiburan.

“Kami mengundang 3.000 orang jajaran Kesehatan, Kementerian dan Lembaga, BUMN, pendidikan kesehatan dan mitra kesehatan yang akan bergabung dengan lebih dari 10.000 masyarakat yang secara rutin di acara Car Free Day dengan tujuan menggaungkan GERMAS agar masyarakat dapat berperilaku hidup sehat secara terus-menerus dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Menteri Kesehatan RI.

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail :humas.yankes @gmail.com