CARA AMPUH MENGURANGI NYERI HAID

Tanggal : 20-Mar-2020 | Dilihat : 58 kali
Penulis : Instalasi Rawat Jalan RSJS MagelangNyeri haid adalah nyeri atau kram di perut bagian bawah, bisa muncul sebelum atau sewaktu menstruasi. Nyeri haid pada sebagian perempuan bisa bersifat ringan, namun bisa juga bersifat parah yang sampai mengganggu aktivitas.Nyeri haid muncul akibat kontraksi otot rahim untuk melepaskan dan mengeluarkan lapisan dalam dinding rahim. Kontraksi ini membuat terjepitnya pembuluh darah yang mengakibatkan kurangnya pasokan oksigen ke rahim dan menimbulkan rasa nyeri. Berikut kami rekomendasikan cara mengatasi nyeri haid.Nyeri haid seringkali tidak dapat dihindari dan bisa juga sampai mengganggu aktivitas. Berikut adalah tips cara mengatasi nyeri haid dengan cepat.

1.    Banyak minum airSaat haid, kamu bisa menyiapkan sebotol air yang mudah dibawa untuk bepergian. Kamu bisa menambahkan perasan lemon ke dalamnya untuk memberi rasa dan menggugah selera. Minum air memang tidak mengurangi rasa kram secara langsung, tapi dapat mengatasi perut kembung yang dapat memperberat rasa kram perut yang kamu alami.2.    Konsumsi jenis makanan yang sesuaiKetika mengalami kram saat menstruasi, kamu bisa mengonsumsi makanan yang rendah lemak dan kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh. Disarankan untuk menghindari makanan berlemak, goreng-gorengan, atau makanan cepat saji.3.    Kompres hangat bagian yang kramSelanjutnya kamu bisa mengompres dan menempelkan handuk hangat atau botol berisi air hangat ke area perut yang kram. Selain meredakan rasa sakit, sensasi hangat ini juga bisa membuat kamu lebih rileks.4.    Manjakan tubuh dengan pijatanUntuk mengatasi kram perut saat haid, kamu bisa memijat lembut area perut bawah dengan gerakan memutar secara perlahan. Kamu bisa menambahkan minyak aromaterapi ketika memijat, yang dapat membuat kamu merasa lebih rileks.5.    Bergerak aktifRasa tidak nyaman saat haid mungkin membuatmu malas bergerak alias ‘mager’. Tapi, kamu harus melawannya dengan aktif bergerak atau berolahraga, seperti lari, jalan santai, atau aerobik. Dengan aktif bergerak dan berolahraga, tubuh dapat memproduksi endorfin yang bisa mengurangi rasa sakit sekaligus memperbaiki suasana hati.6.     Konsumsi obat pereda nyeriKetika kamu merasakan kram perut yang tidak tertahankan, kamu boleh mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol. Tapi ingat, baca dulu aturan pakainya. Jika kamu ragu, berkonsultasilah dengan dokter agar dapat diberikan obat dan dosis yang sesuai.Kram perut saat haid merupakan hal yang normal. Namun jika kram perut saat menstruasi terasa sangat parah, bisa jadi hal ini disebabkan oleh adanya masalah kesehatan, seperti endometriosis, penyakit radang panggul, dan fibroid rahim.Kamu bisa mencoba cara-cara di atas untuk mengurangi kram saat mentruasi. Namun jika kram perut yang kamu alami terasa sangat berat, datang secara tiba-tiba, disertai demam, terdapat gumpalan darah dalam jumlah banyak, atau keluar cairan vagina yang kental dan berbau busuk, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter. Semoga bermanfaatInstalasi Rawat Jalan RSJS Magelang
Sekretariat