MALAM PENGHARGAAN KELOMPOK ASUHAN MANDIRI KESEHATAN TARDISIONAL TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA)

Tanggal : 30-Nov-2017 | Dilihat : 183 kali

Surakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berikan penghargaan pada kader pemenang penilaian kelompok asuhan mandiri kesehatan tradisional, melalui pemanfaatan tanaman obat keluarga (toga) dan akupresur 2017, di Surakarta, Jawa Tengah, Senin, 27 November 2017.

Penghargaan diberikan langsung oleh Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS. dr. Bambang mngkatakan, Penghargaa ini merupakan bentuk apresiasi Kementerian Kesehatan Kepada Masyarakat akan peran serta aktif nya dalam upaya Promotif dan Preventif Kesehatan yang diwujudkan dalam kegiatan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional Kemenkes mengatakan, dasar penyelenggaraan kegiatan penilaian kelompok asuhan mandiri kesehatan tradisional melalui pemanfaatan toga dan akupresur tingkat nasional 2017 berdasarkan surat keputusan (SK) menteri kesehatan (Menkes) tentang Panitia Penyelenggaraan Penilaian Pemanfaatan TOGA Tahun 2017 Nomor HK.01.07/MENKES/274/2017. Adapun proses kegiatan diselenggarakan di antaranya seleksi dokumen, tim pusat menerima 30 dokumen dari 18 provinsi.

"Yang lolos seleksi verifikasi dokumen yaitu 12 provinsi yaitu kategori kota Bangka Belitung, Banten, Sumatera Barat dan Gorontalo. Kategori Desa yaitu Bali, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Kepulauan Riau," katanya saat penganugerahan pemenang penilaian kelompok asuhan mandiri kesehatan tradisional melalui pemanfaatan tanaman obat keluarga (toga) dan akupresur 2017, di Surakarta, Senin.

Kemudian kategori Daerah Tertinggal Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) yaitu Riau, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Maluku. Tak sampai disitu, Kemenkes juga mengkonfirmasi kesesuaian dokumen dengan kenyataan di lapangan. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 28 September - 21 Oktober 2017 di 12 Provinsi.

Kemudian, Ina menyebut penyerahan hadiah bagi Pemenang Pertama untuk kategori Kota, Kategori Desa dan Kategori Terpencil/Sangat Terpencil bertepatan dengan kegiatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-53 di JIExpo Kemayoran Jakarta. Tak hanya mendapatkan sertifikat dan plakat, pemenang juga diajak berkunjung ke Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) di Tawangmangu untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan dalam pengelolaan dan pemanfaatan Toga.