PERESMIAN PEMBERIAN NAMA RUMAH SAKIT UMUM PUSAT DR. J. LEIMENA

Tanggal : 21-Oct-2019 | Dilihat : 180 kali

AMBON – “Sejalan dengan nama besar beliau, RSUP dr. J Leimena harus bisa mencapai standar tertinggi pengelolaan rumah sakit yang diakui secara nasional, bahkan internasional”, demikian harapan Ibu Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila F. Moeloek, SpM(K) dalam Kunjungan Kerja dan Pemberian Nama RSUP dr. J. Leimena di Ambon (16/10).

Menkes menjelaskan bahwa pembangunan RSUP dr. J Leimena yang sedang berproses ini dapat segera selesai dan dimanfaatkan pada Januari 2020. Selain Program  Pembangunan 629 Puskesmas Modern di daerah Perbatasan dan Terpencil yang telah terbangun, berdirinya RSUP dr. J. Leimena ini akan dicatat menjadi sejarah dalam perjalanan pembangunan kesehatan bangsa ini, bahwa Kementerian Kesehatan telah membangun infrastruktur kesehatan secara fokus dan serius, dalam rangka meningkatkan akses pelayanan kesehatan yang berkualitas hingga ke pelosok negeri, mendukung Nawa Cita Presiden sebagai wujud Kinerja Kabinet Kerja periode 2015-2019.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Maluku, Irjen Pol.(Purn) Drs. Murad Ismail, mengungkapkan harapan dengan adanya RSUP dr. J. Leimena sangat membantu masyarakat Maluku untuk mendapatkan pelayanan kesehatan rujukan yang berkualitas.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS menyampaikan laporan progres pembangunan RS UPT Vertikal ke-34 milik Kemenkes ini bahwa bangunan fisik RS didirikan dalam 2 (dua) tahun pembangunan, yaitu tahun 2018 dan 2019. Dimana tahun 2018 telah diselesaikan pekerjaan struktur fisik dan arsitektur luar gedung rumah sakit setinggi 8 (delapan) lantai dan tahun 2019 telah dilaksanakan Kontrak Pekerjaan Fisik Pembangunan Lanjutan. Adapun sumber pembiayaan pembangunan fisik berasal dari komponen Rupiah Murni APBN Pusat T.A 2019 sebesar 89% dan soft loan dari World Bank 11%. Sedangkan untuk investasi peralatan kesehatan, akan dipenuhi tahun ini dan tahun depan (2020) secara bertahap sesuai kebutuhan operasional rumah sakit pada tahap awal.

Peresmian pemberian nama RSUP dr. J. Leimena ini ditandai dengan penekanan tombol sirine bersama dengan Gubernur Maluku Murad Ismail dan Meilani Leimena mewakili keluarga almarhum Dokter Johannes Leimena. Setelah itu acara dilanjutkan dengan peninjauan progres pembangunan RSUP dr. J. Leimena, penanaman pohon dan pelepasan ikan di kolam yang berada di  RSUP dr. J. Leimena.

Selain itu dalam rangka mensosialisasikan kehadiran RS UPT Vertikal ini secara positif di tengah masyarakat Kota Ambon dan sekitarnya, secara bersamaan juga diselenggarakan kegiatan bakti sosial dalam bentuk pemeriksanaan umum, operasi katarak dan pemeriksanaan IVA di ruangan IGD rumah sakit. Kegiatan ini didukung oleh tenaga medis dari Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM)  Makassar, Unit Pelaksana Teknis (UPK) Kementerian Kesehatan, RS Tajuddin Khalid Makassar dan RSUP Wahidin Sudirohusodo, Makassar. (*iw/ij)

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021- 5222432 atau alamat e-mail :humas.yankes@gmail.com

Sekretariat