SIMULASI TELEMEDICINE, TELERADIOLOGI, DAN TELEKONSULTASI

Tanggal : 16-Feb-2017 | Dilihat : 558 kali

Jakarta (13/02) – Dalam Rakordit Pelayanan Kesehatan Bersama Menteri Kesehatan Prof. Dr.dr. Nila F. Moeloek, Sp.M(K) di Ruang Rapat 406 Ditjen Pelayanan Kesehatan Gedung Adhyatma Lt.4, dilakukan Simulasi Telemedicine, Telerdiologi, dan Telekonsultasi.

Simulasi Teleradiologi dilakukan dengan RSUD Meranti, Provinsi Riau, kemudian dilanjutkan simulasi Telemedicine dan Telekonsultasi dengan  Puskesmas di Kab. Singkawang, Provinsi Kalimatan Barat. Dalam simulasi tersebut Menkes juga berkesempatan untuk berdialog langsung melalui teleconference dengan Jajaran Direksi RSUD Meranti dan Dokter Puskesmas di Kab. Singkawang.

Pada kesempatan tersebut Menkes sangat mengapresiasi terobosan dan Inovasi yang  terus dilakukan di Ditjen Pelayanan Kesehatan, salah satu nya dengan ada nya Telemedicine, Teleradiologi dan Telekonsultasi. Dengan  berbagai  terobosan tersebut diharapakan Kesenjangan Pelayanan Kesehatan dapat terus dikurangi dan dapat makin meningkat pelayanannya. Kedepannya peralatan dalam telemedicine dan teleradiologi dapat semakin sederhana, sehingga dapat makin memudahkan penggunaannya, terutama di daerah terpencil yang memang memiliki akses terbatas.

Dalam penutupnya, Menteri Kesehatan  menyampaikan bahwa Telemedicine merupakan suatu terobosan di dunia kesehatan. Menkes berharap kepada kominfo terkait teknologi informasi ini agar dapat diperkuat sinyalnya terutama di daerah-daerah terpencil agat dapat dimanfaatkan secara maksimal dan efisien. Sehingga dapat meningkatkan pemerataan pelayanan kesehatan dimasyarakat, tutup Menkes.

*Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-5277734 atau alamat e-mail : humas.yankes@gmail.com