Jumat, 16 April 2021 10:50 WIB

Sebanyak 35 ODGJ Siap Dievakuasi ke RSJMM

Responsive image
120 kali
Humas - RS Jiwa dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor

 

BOGOR - Pemerintah Daerah Purwakarta melalui Dinkes, Dinsos, BPJS, Dishub, Polres, Satpol PP, Puskesmas, TKSK, PSM, dll, siap gelar kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat, Pemeriksaan dan Evakuasi Massal ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) Berat, bagi masyarakat se-Purwakarta secara gratis, untuk menjalani perawatan pengobatan dan rehabilitasi selama 3 minggu lebih yang yang difasilitasi oleh RS Jiwa dr. H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor.


Komitmen tersebut dicapai saat digelarnya kegiatan Advokasi Kesehatan Jiwa Masyarakat dengan Lintas Sektor se-Purwakarta bersama RSJMM di Aula Gedung BLK Disnakertrans, Purwakarta.

Kabid P2P Dinkes Purwakarta, drg. Elita Sari Kusumawardani, melaporkan terdapat 9373 ODGJ dengan 13 ODGJ Pasung, yang tersebar di 17 Kecamatan, 192 Desa dan 20 Puskesmas se-Purwakarta, serta mengajak semua lintas sektor yang hadir untuk mensukseskan kegiatan pemeriksaan dan evakuasi ODGJ serta berterimakasih kepada RSJMM atas kerjasamanya. Sementara Tedi Kustadi, SE., sebagai Kabid Yandaresos Dinsos Purwakarta menyambut baik kegiatan pelayanan Pemeriksaan dan Evakuasi Masal ODGJ Berat se-Purwakarta.

Kepala Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSJMM, Ns. I Ketut Sudiatmika, S.Kep. M. Kep. Sp.Kep.J, mengucapkan terimakasih terhadap penyambutan dan antusiasme lintas sektor untuk menangani ODGJ.

Iyep Yudiana, SKM. MKM., sebagai Koordinator Linsek dan Promotor Kesehatan Jiwa Masyarakat RSJMM, yang diminta memberikan pemaparan kegiatan, menjelaskan tujuan gelaran Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat RSJMM.

Komitmen Pemkab Purwakarta melalui lintas sektor yang hadir bersama RSJMM, menghasilkan kesepakatan untuk segera menggelar kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat, Pemeriksaan dan Evakuasi Masal ODGJ Berat se-Purwakarta yang akan di selenggarakan di Maya Datar Komplek Pemkab Purwakarta, Selasa 22 Juni 2021, yang direncanakan akan dihadiri oleh para Pejabat Pemda dan SKPD terkait di Purwakarta.


Seluruh lintas sektor yang hadir meneriakan komitmen bersama dalam sesi photo, menuju Kabupaten Purwakarta Sehat Jiwa, Bebas ODGJ Berat, ODGJ Pasung dan ODGJ Terlantar Tahun 2021.