Senin, 21 Juni 2021 09:41 WIB

Donorkan Darahmu, Kehidupan Dunia Terjaga

Responsive image
57 kali
iwj/nri/bs-humas - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan

JAKARTA - "Darah itu sangat penting, bukan hanya untuk diri sendiri tetapi bermanfaat bagi sesama manusia. Darah itu banyak sekali manfaatnya, bukan hanya untuk transfusi darah sehari-hari tapi juga bisa untuk obat-obatan", demikian sambutan dari Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin saat membuka acara Donor Darah Sukarela di auditorium Siwabessy Kemenkes (15/6). 

Kegiatan Donor Darah Sukarela ini merupakan rangkaian peringatan Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh pada tanggal 14 Juni setiap tahunnya. Adapun kegiatan lain yang diselenggarakan meliputi  kampanye donor darah di radio kesehatan dan radio swasta serta lomba video musik singkat. 

Prof. dr. Abdul Kadir, PhD, Sp.THT-KL(K), MARS, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan dalam laporan ketua panitia menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan donor darah sukarela diantaranya meningkatkan kesadaran masyarakat atas kebutuhan penyumbangan darah yang sukarela dan teratur dan menginspirasi orang yang belum pernah menyumbangkan darahnya untuk mulai mendonorkan darahnya, khususnya pada kaum muda yang sehat.

Kegiatan ini dilaksanakan secara bersama antara  Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer dan Dharma Wanita Kementerian Kesehatan dengan jumlah pendonor darah ditargetkan sebanyak 350 orang yang berasal dari pegawai Kementerian Kesehatan dan umum. Sedangkan untuk petugas pelaksana berasal dari UTD Pusat PMI dan UTD RSUP Fatmawati Jakarta. Pada kesempatan ini juga diserahkan penghargaan bagi perwakilan pendonor darah sukarela oleh Menteri Kesehatan.